Dunia, Ottawa- Penduduk kota Onoway, Alberta,  Kanada terkejut ketika mendapati air ledeng di rumah mereka berubah warna menjadi warna pink atau merah jambu. Penduduk yang  bingung dengan warna air keran mereka  lantas mengunggah beberapa foto menakjubkan di media sosial.

"Suamiku bangun pagi ini untuk mandi, dan kemudian berteriak setelah melihat air berwarna merah muda keluar dari keran," kata Sheila Pockett, seperti yang dilansir Metro.uk pada 8 Maret 2017.

Trevor Winfield, mantan sopir truk di Onoway, mengunggah video ke media sosial tentang air yang keluar dari kerannya dengan judul: air saya rusak. Terima kasih kota Onoway.

Warga kemudian  menunggu hingga berjam-jam lamanya untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan air mereka.  Beruntung sebelum air itu meracuni para warga, Dewan kota Onoway langsung mengumumkan penjelasan melaui situs resminya.

Pada sekitar pukul 10:00 pagi waktu setempat pada hari Selasa, 7 Maret 2017, Dewan kota menulis informasi di Facebook bahwa warna merah muda itu disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan selama pembersihan rutin oleh perusahan pengelola air bersih.

"Kemarin, selama pembersihan rutin, petugas tidak sengaja menumpahkan cairan kimia Potassium permanganate ke tempat penampungan air. Waduk telah dikeringkan, namun beberapa bahan kimia masih menempel di sistem distribusi dan kami yakinkan bahwa kesehatan warga tidak akan beresiko." ujar pernyataan Dewan Kota Onoway.

Pda malam harinya, Wali kota Onoway, Dale Krasnow meminta maaf atas keterlambatan respons Dewan kota dan mengungkapkan bahwa pihaknya menjamin tidak akan terjadi apa-apa pada warga.

Potassium Permanganate atau juga dikenal sebagai garam kalium, adalah disinfektan kimia yang digunakan untuk menghilangkan karat pada besi serta bau busuk pada air limbah. Racun yang terkandung dalam bahan itu tidak terlalu berbahaya, hanya akan menyebabkan luka pada kulit.

METRO.UK|YON DEMA