Metro, Jakarta - Bantaran Sungai Ciliwung masih terendam banjir saat bagian hulu sungai itu di kawasan Puncak diguyur hujan deras. Seperti yang terjadi kemarin, banjir masih merendam beberapa kawasan di pinggiran sungai Ciliwung. Normalisasi yang dilakukan pemerintah pun masih berlangsung.

Namun debit air yang tinggi akhirnya membuat Ciliwung tetap meluap dan menggenangi wilayah-wilayah di sekitarnya. Proyek sodetan Ciliwung yang direncanakan mengalirkan air sungai ke Kanal Banjir Timur sehingga debit air ke pintu air Manggarai berkurang hingga kini belum rampung. Proyek ini awalnya diperkirakan selesai Maret tahun lalu.

 

Baca: Bidara Cina Belum Bebas, Proyek Sodetan Ciliwung Terhenti 

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan belum ada lagi pembahasan terkait proyek sodetan Ciliwung ini."Dalam jangka pendek belum bahas itu," ungkap Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat Kamis, 9 Maret 2017.

Pada April 2016 lalu, warga Bidara Cina yang terdampak proyek memenangkan gugatan. Perwakilan warga Bidara Cina, Astriyani, sempat mengatakan warga tidak masalah dengan proyek itu. Namun warga kecewa karena tidak ada sosialisasi dari pemerintah.

Saat warga Bidara Cina memenangkan gugatan di PTUN, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan akan melakukan banding. Namun hingga saat ini, pemerintah belum membahas kejelasan nasib proyek ini."Namun sesuai RPJMD tetap harus berjalan," ungkap Sumarsono.

BENEDICTA ALVINTA|JH