Bola, Jakarta - Peringkat Indonesia mengalami peningkatan 2 tingkat dalam daftar yang dirilis oleh Badan Sepak Bola Dunia, FIFA.  Daftar peringkat itu diunggah pada hari ini, Kamis, 9 Maret 2017.

Dalam daftar terbaru FIFA itu, Indonesia menempati posisi ke-167 atau naik 2 peringkat dari posisi Februari lalu. Namun peningkatan posisi itu lebih dikarenakan turunya performa sejumlah negara. Hal itu dapat diketahui dengan tidak berubahnya angka yang dikumpulkan Indonesia ketimbang bulan lalu, yaitu 123 angka.

Jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara, peringkat Indonesia masih dibilang berada di bawah. Filipina menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di kawasan Asia Tenggara yaitu di peringkat 124. Thailand berada di posisi kedua dengan menduduki peringkat 127 dan Vietnam menjadi tim terkuat ketiga dengan menjadi peringkat ke-136.

Indonesia juga masih berada di bawah Malaysia dan Singapura yang berada di pringkat ke-161 dan 163. Indonesia hanya unggul dari Laos, Kamboja, Brunai Darusalam dan Timor Leste.

Kenaikan dua peringkat itu meneruskan tren positif peringkat Indonesia sejak 2016 lalu. Sejak dicabutnya sangsi pembekuan dari FIFA, Indonesia yang peringkatnya sempat menyentuh angka 180, terus naik.

Namun perjalanan Indonesia untuk mengulang perolehan terbaik seperti pada 2001 lalu masih sangat jauh. Saat itu Indonesia sempat menembus peringkat 87 yang merupakan capaian terbaik Indonesia sepanjang sejarah.

Dalam peringkat terbaru itu tak ada perubahan di posisi 10 besar dunia. Argentina tetap memimpin peringkat di posisi pertama diikuti oleh Brasil dan Jerman.

Cile, Belgia, Perancis, Kolombia, Portugal, Uruguay dan Spanyol melengkapi 10 tim nasional terbaik menurut FIFA.

FIFA|FEBRIYAN