Nasional, Jakarta - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana diisi dengan pembicaraan berbagai macam hal. SBY mengaku senang karena pertemuannya dengan Jokowi yang sudah digagas lama tersebut akhirnya terlaksana.

"Pertemuan ini berbicara banyak hal, baik yang berkaitan politik nasional, baik yang berkaitan dengan ekonomi nasional. Namanya diskusi kan banyak hal. Dan hal-hal yang lain-lainnya," kata Jokowi saat memberi keterangan bersama SBY di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 9 Maret 2017.

Baca: SBY Temui Jokowi di Veranda Istana Merdeka

Jokowi mengatakan, sebenarnya telah mengatur waktu untuk bertemu dengan Presiden ke-6 tersebut. Namun, kesibukan di antara keduanya tidak memungkinkan untuk bertemu. "Dan hari ini, Alhamdulillah beliau pas ada waktu, saya juga ada. Artinya kami janjian dan ketemu," kata Jokowi.

Perasaan gembira bertemu Jokowi diungkapkan SBY. "Saya juga bersyukur dan bergembira karena hari ini beliau, Bapak Presiden kita, bisa menyediakan waktu untuk sebuah pertemuan ini," kata SBY.

SBY menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dia mendengarkan penjelaskan Jokowi soal agenda-agenda nasional yang sedang dilakukan pemerintah. SBY juga mengucapkan selamat pada Jokowi atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah, baik kunjungan Raja Salman maupun KTT IORA beberapa hari lalu. Menurut dia, keberhasilan itu menunjukkan Indonesia terus berperan di panggung internasional.

Simak: Wiranto Akui Kasus Korupsi E-KTP Bisa Picu Kegaduhan Politik

Pembicaraan dengan Jokowi, kata SBY, juga mendiskusikan upaya memajukan Indonesia. "Negara ini harus makin maju, negara Pancasila, negara Bhinneka Tunggal Ika, negara yang mengayomi semua. Dan komitmen beliau samalah dengan komitmen saya, dengan komitmen para mantan presiden, ingin membangun negara, dan ingin negara kita semakin ke depan makin baik," kata SBY.

Pertemuan Jokowi dan SBY berlangsung sekitar satu jam. Seusai pertemuan, keduanya berbincang di beranda belakang Istana Merdeka yang menghadap ke taman tengah kompleks Istana.

Dengan disuguhi teh, risoles, saus kacang, dan irisan ketimun, keduanya terlihat santai dan akrab berbincang. Pertemuan ini menjadi pertemuan pertama sejak Jokowi di Istana Kepresidenan mulai 20 Oktober 2014 lalu. Saat itu SBY menyambut Jokowi seusai pelantikan sebagai bentuk transisi politik pemerintahan.

AMIRULLAH SUHADA