Bola, Jakarta - Pemain andalan Bayern Muenchen dan timnas Jerman, Thomas Mueller, menyebut para pemain sepak bola sekarang tak ubahnya seperti barang dagangan. Ia mengaku tak senang melihat aspek-aspek dari sepak bola modern, cara klub-klub memperlakukan pemain, dan jumlah uang luar biasa besar yang dibayarkan untuk seorang pemain.

Ia mencontohkan ketika Manchster United mengeluarkan dana sekitar Rp 1,5 trilun untuk mendatangkan Paul Pogba dari Juventus. Tawaran dengan jumlah setara pernah diajukan pada Mueller tapi ditolak.

Menurut Mueller, tak ada pemain yang pantas dihargai begitu tinggi dan sepakbola sekarang tak ubahnya seperti sirkus. Ia menganggap biaya transfer sekarang sangat absurd.

"Jumlah uang yang dikeluarkan belakangan ini sangat absurd. Tak ada seorang manusia pun yang layak dihargai setinggi itu," ujar Mueller kepada GQ.

"Sepakbola modern itu sudah seperti barang dagangan tapi seharusnya tidak mempengaruhi kami pemain. Memikirkan transfer yang tinggi hanya menjadi beban saja," ujar pemain berusia 27 tahun itu.

Meski kariernya masih panjang dari sisi usia, Mueller mengaku akan gantung sepatu bila klub-klub mengizinkan kamera televisi masuk ke ruang ganti pemain segabai salah satu cara klub untuk menambah penghasilan. Bila sampai aksi para pemain di kamar ganti pun diekspos, tak ada lagi privasi dan hal itu sudah keterlaluan.

"Saya berharap sudah pensiun sebelum rencana tersebut direalisasikan. Nafas sebuah tim itu ada di ruang ganti dan apa yang terjadi di sana bukan untuk konsumsi publik. Bila sampai kamera masuk ke sana, buat saya itu sudah kelewatan," ungkap Mueller.

PIPIT