Nasional, Jakarta - Ketua DPP Partai Golkar Setya Novanto mengapresiasi langkah partainya membentuk Brigade Beringin. Ia mendorong agar unsur Golkar ini aktif menjaga keamanan partai dan meminta anggotanya siap ditugaskan kapan dan di manapun. “Saya melihat saudara-saudara sudah diuji saat pilkada putaran putaran pertama di DKI,” kata Novanto di kantor DPP Partai Golkar, Jumat, 10 Maret 2017.

Tugas Brigade Beringin, kata Novanto, dalam waktu dekat adalah mengawal pilkada di DKI Jakarta putaran kedua. Secara umum tugas dari Brigade Beringin adalah menjaga harkat dan martabat Partai Golkar. Mereka bisa melakukan tindakan yang diperlukan jika ada upaya penyerangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu kepada partai.

Baca:
Kasus E-KTP Bikin Resah Golkar, Muncul Desakan Munaslub
Putaran 2 Pilkada DKI, Golkar Siap Dampingi Relawan Ahok-Djarot

Ketua Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan Partai Golkar Yorrys Raweyai menyerahkan 215 Brigade Beringin dari DPD Partai Golkar DKI kepada DPP Partai Golkar, hari ini. Personel Brigade Beringin, kata Yorrys, telah menjalani latihan pada 28 Januari-10 Februari 2017. Termasuk latihan bela negara dan pemahaman visi misi Partai Golkar.

Menurut Yorrys, Brigade ini disiapkan untuk menghadapi dinamika politik mendatang. “Kami merancang harus ada kekuatan yang bisa siap terlatih, terdidik, untuk menjaga dan mengawal seluruh aset Golkar.”

Baca juga:
Busyro: Setelah Ungkap E-KTP, KPK Harus Waspadai Serangan Politik  
KPK Pastikan 37 Nama Anggota Komisi II DPR Terima Duit E-KTP 

Rencananya, kata Yorrys, ada Brigade Beringin di setiap provinsi yang terlatih agar memiliki jiwa korsa. Pelatihan dilakukan Golkar bekerjasama dengan kepolisian. Jumlah Brigade di setiap provinsi sekitar 215 orang. Orang-orang itu akan mengawal para saksi di TPS saat Pilkada DKI putaran kedua. Selain itu mengawal tim relawan Ahok-Djarot dalam sosialisasi program.

DANANG FIRMANTO